twitterku

Pages

Rabu, 18 April 2012

TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN


(Rangkuman materi dalam buku Belajar dan Pembelajaran karangan Dr.Asri Budiningsih)
Tugas Landasan Pembelajaran bahasa oleh : Nuruddin dan Sudarman
(Mahasiswa Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja)

 Pada bagian ini dikaji tentang pandangan konstruktivistik terhadap proses belajar dan aplikasinya dalam kegiatan pembelajaran. Pembahasan diarahkan pada hal-hal seperti, karakteristik manusia masa depan yang diharapkan, konstruksi pengetahuan, dan proses belajar menurut teori konstruktivistis. Kajian diakhiri dengan memaparkan perbandingan pembelajaran tradisional (behavioristik) dengan pembelajaran konstruktivistik.
 1.    Karakteristik  Manusia Masa Depan yang Diharapkan
Upaya membangun sumber daya manusia ditentukan oleh karakteristik manusia dan masyarakat masa depan yang dikehendaki. Karakteristik manusia masa depan yang dikehendaki tersebut adalah manusia-manusia yang memiliki kepekaan, kemandirian, tanggung jawab terhadap resiko dalam mengambil keputusan, mengembangkan segenap aspek potensi melalui proses belajar yang terus menerus untuk menemukan diri sendiri dan menjadi diri sendiri yaitu suatu proses … (to) learn to be. Mampu melakukan kolaborasi dalam memecahkan masalah yang luas dan kompleks bagi kelestarian dan kejayaan bangsanya (Raka Joni, 1990).

Untuk lebih lengkap silahkan download disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text