twitterku

Pages

Sabtu, 23 Maret 2013

Pramuka Membentuk Karakter

Sabtu, 23 Maret 2013

Orientasi Kamabigus (19/3/2013)
Gerakan pramuka sebagai salah satu kegiatan kepanduan yang bertujuan untuk menempa dan membina mental anak bangsa, Gerakan pramuka  yang digagas pertama kali oleh Baden Powel dari Inggris tahun 1907 kemudian menyebar ke seluruh negara  di dunia termasuk Indonesia pada tahun 1912. Selama ini Gerakan Pramuka dijadikan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah dari SD sampai perguruan tinggi dan memiliki peminat paling banyak. Peran pramuka dalam menempa anak bangsa menjadi manusia yang memiliki tanggung jawab dan pedoman hidup sesuai denga yang tertera dalam dasa darma pramuka sangatlah nyata dan bermanfaat. Manfaat pramuka terhadap anak bangsa yang menekuni pramuka selama ini telah nampak jelas hasilnya terutama dalam pengembangan mental, gaya hidup sederhana. Revitalisasi pramuka di Indoensia dimulai sejak lahirnya Undang-Undang Pramuka nomor 12 tahun 2010. Melihat manfaat terutama dalam pembinaan karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan menerapkan kurikulum 2013 dimana Pramuka sebagai salah satu pelajaran wajib di sekolah/madrasah diajarkan disekolah, maka sebagai impelemtasi dari pemberlakuan kurikulum dan tuntutan dari UU Kepramukaan tersebut Kwartir Cabang melalui Pusat Pendidikan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Lombok Timur Selasa, 19 Maret 2013 mengadakan Kegiatan Orientasi dan Penyegaran Pendidikan Pramuka bagi Kepala sekolah/madrasah SD/MI, SMP/MTs,MA/SMA/SMK/MAK exofocio Kepala Majlis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus)  se Kecamatan Sakra Barat. Orientasi tersebut bertujuan membekali dan memberikan pemahaman serta mengukuhkan Kepala sekolah selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus). 
Acara orientasi ini itu diikuti oleh 78 orang Kepala Sekolah/Madrasah, termasuk Nuruddin selaku Kamabigus MTs Birrul Walidain NW Rensing.
Kepala Pusdiklatcab Lombok Timur Drs.H.Qiyamuddin Saman,MM mengatakan bahwa ada tiga tugas utama seorang Kamabigus yakni 1) Menyiapkan pembina pramuka putra/putri, 2) Menyiapakan sarana prasarana penunjang kegiatan pramuka, dan 3) Menyiapkan dana operasional kegiatan. Acara Orientasi pendidikan kepramukaan ini dibuka resmi oleh Camat Sakra Barat H.Hadi Pathurrahman,S.Sos,M.Ap selaku Kepala Majlis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Sakra Barat.
                                                                         

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text