twitterku

Pages

Minggu, 22 Januari 2017

Bincang Malam Minggu Telurkan 11 Rencana Aksi




Kemajuan teknologi informasi sudah merambah ke kampung-kampung dan hal ini menjadi peluang dan tantangan bagi masyarakat.
Pemanfatannya yang mengarah ke hal-hal positif harus di dilakukan secara optimal agar memberi kebaikan dan banyak manfaat positif bagi masyarakat. Berinternet sehat dan gratis menjadi harapan dan kemauan kita semua. Nah bagaimana memanfaatkannya tentu masyarakat perlu di edukasi.
Kmi Nabbany Rensing Bat sebagai komunitas yang fokus pada pemanfaatan teknologi informasi ini rutin mendiskusikan bersama anggota maupun pemuda-pemuda yang memiliki kemampuan di bidang itu guna menggali persoalan nyata di tengah masyarakat dan mencari solusinya.

Ya acara santai dikemas bincang-bincang plus ngopi bareng rutin digelar seperti bincang-bincang pada malam ahad, 21 Januari 2017 kemarin mengangkat topik seputar Teknologi Informasi yang bertempat di sekretariat KMI NABBANY di RT 3 paok gading dusun Timuk Rurung DesaRensing Bat, bersama pemuda-pemuda berbakat Zohrul Himam (mahasiswa teknik elektro unram/tibujae dusun lepok) Malindo Ikhsan Makbul (kompeten bidang internet gratis/pembuat apliaksi game juga siswa Mts NW Rensing II asal dusun timuk rurung), Iwan (kompeten bidang IT/dusun rensing bat), Irwan Setyawan (mahasiswa seni tv dan film ISI Yogyakarta/dusun timuk rurung), Qatrun Nada Hanini (kompeten bidang IT/dusun rensing bat), Restiawan FieQeiy (pemerhati) dan beberapa pemuda pemerhati teknologi informasi, hadir pula kepala desa Rensing Bat bapak Muhammad Hilmi,SE dan sebagai host Nuruddin,M.Pd pendiri KMI Nabbany serta co host kru KMI Fatih Khairul, Fikry Umazan, Muhsirojudin Masyhur dan mashudi.


 Ada 11 item hasil bincang-bincang IT antara lain :
1. Dalam waktu dekat (minggu depan) akan dilakukan ujicoba sistem keamanan warga desa menggunakan alarm sinar infra merah yang di pasang di halaman rumah (biaya swadaya)
Rangkaian alarm ini berbasis inframerah untuk melindungi bagian-bagian pintu dan jalan masuk lainnya. Rangkaian ini memberikan alarm keras ketika seseorang melintasi penghalang inframerah yang tak kelihatan. Hal ini dapat melindungi pintu baik siang dan malam dan bebas dari pemicu palsu.
2. Merancang sistem keamanan sepeda motor menggunakan alarm (tanda bunyi) sebagai bagian pencegahan pencurian sepeda motor (ini tinggal di laksanakan baiayanya murah meriah (swadaya)
3. Mewacanakan penggunaan teknologi frekwensi suara (perpaduan suara seruling) untuk pengusir hama tikus dan burung di sawah bila perlu menggunakan drown (rakitan) sebagai pengintai tanaman di sawah / burung pengganggu (kalau ini biaya besar tapi tetap menjadi perhatian karena rakit sendiri)
4. Mendorong/mengikhtiarkan terbentuknya komunitas wirausaha muda yang menghasilkan uang (seperti komunitas usaha ayam kampung atau ayam bangkok, kom. Cukur rambut, kom. Pembuat loster, toilet dan koperasi syariah (baitul maal wattamwil).
5. Membuat aplikasi game anak- anak Slodor Gembira dan game edukasi lainnya.
6. Pada hari Ahad depan tanggal 29 Januari 2017 akan ada pertemuan skala lebih besar bagi netter (pengguna internet) bertempat di aola kantor desa rensing bat untuk sosialisasi internet sehat dan internet gratis (limited access) sehingga netter tak perlu cari wifi dan beli pulsa cukup melalui Hp sendiri dan bisa dari rumah dapat internet gratis. ( akan di ujicoba)
7. Mengasistensi komunitas wirausaha muda dapat pinjaman modal usaha dari Bumdes.
8. Mendorong pemuda/pemudi membaca buku/referensi E-book sebagai ikhtiar gerakan literasi desa mencerdaskan warga desa.
9. Akan membuat vidio profil desa atau film dokumenter sejarah berdirinya desa rensing bat.
10. Membuat tempat tongkrongan-tongkrongan positif dan kreatif.
11. Mengusulkan ke pemdes agar terbentuk badan keamaman desa dan intelejen desa.
Bincang selanjutnya akan mematangkan hasil tersebut diatas dan materi bincang berikutnya akan berbeda-beda.
- - - - - - -
Published by komunitas masyarakat imformasi (Kmi Nabbany Rensing Bat)

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text