twitterku

Pages

Selasa, 31 Januari 2017

Internet Booming, KMI Nabbany Sosialisasi Gerakan INSAN CAKAP


Nuruddin,M.Pd Saat sosialisasi Gerakan Insan Cakap (29/1/2017)

Kmi nabbany. Perkembangan teknologi informasi saat ini terus mengalami peningkatan kemajuan dan pengguna yang cukup signifikan, penggunanya pun semakin bertambah setiap waktu dan merambah ke semua pelosok. Seperti yang terlihat dalam hasil survey tahun 2016 yang dilakukan oleh Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia (APJII) menyebutkan bahwa pengguna internet di indonesia mencapai 132.7 juta orang. Sementara pengguna aktif jejaring sosial menurut Sri Widowati country director facebook indonesia seperti yang dikutip Kompas.com adalah sebsar 88 juta dari total tersebut sebanyak 82 juta lebih atau 94 % adalah pengguna facebook aktif.Dengan jumlah pengguna internet yang mayoritas mengunakan jejaring sosial dan berbagai akses informasi maka sangat diperlukan edukasi yang tepat mengenai internet itu sendiri.

Menyadari hal itu sebagai ikhtiar memberikan edukasi dan memproteksi ratusan masyarakat pengguna internet di wilayah DesaRensing Bat kec. Sakra Barat, Komunitas Masyarakat Informasi (Kmi Nabbany Rensing Bat) menggandeng pemerintah desa dan Karang Taruna Garda Bhakti desa Rensing Bat pada hari Ahad,29 Januari 2017 sore bertempat di Aula Kantor Desa Rensing Bat melakukan sosialisasi Gerakan INternet Sehat AmaN CerdAs KreAtif dan Produktif (INSAN CAKAP).



Sosialisasi Gerakan INSAN CAKAP bertujuan untuk mewujudkan Generasi INternet Sehat AmaN CerdAs KreAtif dan Produktif di desa rensing bat sehingga pengguna lebih banyak memanfaatkan internet ini untuk ini hal-hal positif saja dan terhindar dari pengaruh negatif atau ancaman-ancaman yang kemungkinan timbul akibat penggunaan internet ini terutama jejaring sosial seperti penipuan,pornografi, perjudian, pencurian data pribadi, cyber bullying (jangan mudah terprovokasi dengan kekerasan, kejahatan atau pelecehan melalui tulisan), Phising (Pemberian identitas atau data pribadi yang lengkap dapat menyebabkan kerugian besar secara finansial (pencurian pin,no kartu kredit, pasword dll), pencemaran nama baik, cyber stalking (perkenalan baru online dan memberi data pribadi) dan kejahatan dunia maya lainnya.
Dalam sosialisasi Insan Cakap tersebut turut hadir Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi,SE,pengurus Karang Taruna KT Garda Bhakti, anggota KMI Nabbany, Ketua Tim IT Desa Rensing Bat Rbrahim Arifin dan para pelajar, mahasiswa dan pemuda- pemudi pengguna Internet se Desa Rensing Bat.

Pendiri KMI Nabbany Rensing Bat Nuruddin,M.Pd mengatakan bahwa pertemuan sosialisasi generasi Insan Cakap ini merupakan manifestasi dari bincang-bincang KMI Nabbany yang di adakan sebelumnya dalam rangka memberikan pemahaman/pengetahuan kepada pengguna internet hususnya pengguna jejaring sosial agar dalam menggunakan internet ini memakai INternet Sehat AmaN CerdAs KreAtif dan Produktif. Maksudnya adalah agar masyarakat secara cerdas dapat memanfaatkan teknologi informasi, khususnya internet, yang berfungsi sebagai alat untuk membuat masyarakat itu sendiri makin Cerdas, Kreatif dan Produktif. Cerdas berarti mampu memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna,aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku; Kreatif berarti mampu menciptakan karya baru yang berpotensimemberikan banyak manfaat dan nilai tambah bagi pengguna ; Dan Produktif berarti mampu mendapatkan atau memberikan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan Internet untuk diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu kata ketua remaja masjid nurul islam desa rensing bat ini meminta para pengguna internet untuk memikirkan terlebih dahulu kata-kata, fhoto atau vidio yang di jadikan status di akun media sosial jangan sampai memposting yang jelek-jelek "jika kita posting kata jelek atau fhoto berbau forno maka itu artinya pikiran kita sama jeleknya dengan yang kita posting" kata Nur.

Karena Internet merupakan jaringan komunikasi dan informasi global maka berjuta manfaat bisa didapat hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan menggunakan internet, seperti berkorespodensi dengan mudah, murah, dan cepat keseluruh penjuru dunia; mendapatkan data dan informarsi untuk membantu tugas sekolah/kampus/pekerjaan; mendapatkan berita informasi/berita nasional dan manca Negara; mencari pekerjaan atau beasiswa; mengumpulkan resep masakan; memperluas jaringan pertemanan dan bisnis; menggali ilmu dan agama, dan kegiatan lainnya.
Selain sosialisasi Insan Cakap kemarin juga dilakukan sosialisasi internet hemat dan gratis serta ujicoba sistem keamanan menggunakan alarm sinar inframerah dan alarm pada sepeda motor dalam rangka pencegahan pencurian di rumah maupun sepeda motor yang merupakan racangan dari Zohrul Himam, Iwan, Malindo Ikhsan Makbul, Muh Farizal, Qatrun Nada Hanini Irwan Setyawan pelajar,mahasiswa dan pemuda Desa Rensing Bat. (Tim KMI)
- - - - - - -
Published by Komunitas Masyarakat Informasi (Kmi Nabbany Rensing Bat)

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text