twitterku

Pages

Minggu, 31 Maret 2013

INGIN TAHU ADALAH WUJUD PEDULIMU


Senin, 1 April 2013

Salah satu kodrat manusia adalah untuk mencari tahu apa yang belum diketahui. Disadari atau tidak, sebenarnya seseorang lebih banyak belajar dari pertanyaan daripada jawaban.
Seorang pujangga Meksiko Oktavio Paz mengatakan bahwa “Manusia adalah insan yang suka bertanya. Kita sudah mulai bertanya sejak kita lahir . . . Bahkan boleh dikata sejarah manusia adalah rangkaian tanya jawab yang dirumuskan oleh kita manusia.”
Manusia selalu ingin tahu dalam hal apa sesungguhnya yang ada (know what), bagaimana sesuatu terjadi (know how), dan mengapa demikian (know why) terhadap segala hal. Orang tidak puas apabila yang ingin diketahui tidak terjawab.
Keingintahuan manusia tidak terbatas pada keadaan diri manusia sendiri atau keadaan sekelilingnya, tetapi terhadap semua hal terjadi di kampung, desa, daerah dan sebagainya.
Keingintahuan merupakan bentuk jawaban dari sebuah ketidakpastian menurut Berlyne, ketidak pastian muncul ketika kita mengalami sesuatu yang baru, mengejutkan, tidak layak, atau kompleks.  Hal ini akan menimbulkan rangsangan yang tinggi dalam sistim saraf kita.  Respon manusia ketika menghadapi suatu ketidak pastian inilah yang disebut dengan curiosity atau rasa ingin tahu.  Curiosity akan mengarahkan manusia kepada perilaku yang berusaha mengurangi ketidak pastian.  Rasa ingin tahu yang tinggi dapat juga dikaitkan dengan teori Maslow, yang menyatakan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang salah satunya adalah kebutuhan untuk memahami.
Rasa ingin tahu (curiosity) akan sesuatu hal, apakah itu rasa heran, takjub, bahkan keinginan menyingkap Kebenaran akan sesuatu yang menarik hatinya, sebenarnya dimiliki oleh setiap orang, namun hasrat besar atau kecilnya rasa keingintahuan pada setiap orang itu bisa jadi berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya, akan tetapi rasa keingintahuan itu tetap ada dan merupakan sifat alami yang positif yang dimiliki oleh setiap orang. 
Ingin tahu dengan sesuatu yang baru terjadi di desamu, daerahmu melalui bertanya, berdiskusi, membaca berita atau lainnya merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri dan lingkungan, dengan kita mau tahu maka kebodohan atau ketidaktahuan kita akan sirna. Oleh karena itu melalui tulisan ini mudahan dengan rasa ingin tahu tentang desa, daerah,bangsa dan lingkungan terdekat kita maka kita bisa memahami kondisi keadaan sebenarnya lalu sebisa mungkin dapat  memberikan kontribusi pemikiran yang konstruktif dan bermanfaat untuk masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text