twitterku

Pages

Senin, 01 April 2013

LUPA MENYAPA TEMAN



Oleh Nuruddin
Selasa, 2 April 2013
“Sahabat adalah kebutuhan jiwa” (Kahlil Gibran)
Saya termasuk salah seorang yang mengalami lupa disapa teman yang begitu akrab hubungan saya dengannya pada waktu saya sekolah 3 tahun di madrasah aliyah bahkan kita sampai kuliahpun tahun pertama kami satu kamar mondok dengannya. Hubungan kami saat itu cukup baik, komunikasipun lancar. namun entah mengapa setelah lama tak ketemu, dia tamat kuliah, sayapun begitu. karena tempat tinggal kami tak terlalu berjauhan masih satu kecamatan maka tak jarang kami sering bertatap muka dan berpasan saat diatas sepeda motor. namun entah kenapa dia hanya diam dan seakan senyumnya begitu mahal pada saya. saya telah berusaha selalu tersenyum dikala bertemu namun tak ada respon. sayapun tetap positive thinking padanya. karena sekian kali mengalami yang sama saya menyadari mungkin dia sudah berubah maqom (derajad) nya sehingga dia lupa menyapa teman lamanya.
Meski demikian saya tak pernah mau berhenti tersenyum dikala bertemu dengannya karena saya menyadari makna seorang teman/sahabat amatlah besar perannya dalam membentuk social quotient (kecerdasan sosial) dengan teman/sahabat saya banyak mengenal jati diri saya sesungguhnya dan tak kalah penting teman/sahabat menjadi energi positif didalam memberikan semangat (will) dalam berbagai kondisi.
Pada hakekatnya persahabatan adalah persahabatan yang saling mengisi dan saling meningkatkan kualitas diri dalam berbagai bidang kehidupan.  Kekurangan seorang sahabat adalah ladang amal bagi kita dan kelebihan seorang sahabat adalah ladang ilmu bagi kita.  Dalam tingkatan yang lebih tinggi, kedua sahabat saling bercermin pada sahabatnya agar bisa melihat kekurangan dan kelebihan dirinya secara jujur, tanpa menjadi minder atau sombong.
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah pepatah Arab "Sahabat yang baik adalah yang menunjukkan kepada kebaikan. Sahabat itu yang dapat membuatmu menangis akan hakikat kehidupan, bukan membuatmu tertawa." Semua itu hanya bisa terjalin dengan adanya komunikasi yang baik dan efektif. Komunikasi yang baik bukan berati tanpa hambatan atau kesalahpahaman.  Namun, dalam komunikasi yang sehat dan baik, konflik bisa segera diatasi dan persahabatan tetap dapat dipertahankan dan  dijalin kembali dengan lebih baik lagi.
Namun ahir-ahir ini pertemanan/persahabatan terkadang pudar karena status sosial baik itu karena harta banyak, memiliki jabatan terhormat, punya ilmu tinggi , beda pandangan dan sebagainya. Teman begitu penting dalam kehidupan manusia normal. Apapun posisimu janganlah sampai melupakan teman (teman kecil,teman bermain, sekolah, seperjuangan dsb). Anggaplah teman sebagai orang yang berarti dalam hidupmu maka insallah hidup akan bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

lagu

Sample text

Sample Text